Quotes

Syukur dan sabar bagai dua sayap , yang kanan sayap syukur dan yg kiri sayap sabar. Jika patah salah satu maka kita akan jatuh~Buya Hamka

Label

Langsung ke konten utama

Berkenalan dengan Pemuda Hijrah

Rabu sore itu sebelum pulang kusempatkan untuk melihat fanpage Pemuda Hijrah. Ternyata jadwal kajian hari itu adalah tentang Miracle. Bagaimana orang -orang yang urusannya diurus oleh Alloh, yang punya masalah keuangan, rumah tangga, percintaan dan lain sebagainya. Kajian akan diisi oleh Ustadz Hanan Attaki, Lc. Kajian rutin ini berlangsung tiap hari senin, rabu, dan sabtu jam 18.00-20.30WIB.

Pertama kali mendengar Pemuda Hijrah dari teman-teman yang di Bandung. Banyak diantara mereka yang merekomendasikanku untuk datang ke kajian tersebut. Kajian biasa digelar di Masjid Al Lathif  dekat lapangan Supratman. Konon tiap kali kajian banyak sekali yang datang, terutama kajian yang diisi oleh Ustadz Tengku Hanan Attaki, Lc. Pesertanya kebanyakan anak muda, dari yang masih "gaul" banget sampe yang udah paham islam lebih jauh. Dari anak band, komunitas, sampe mantan preman juga ada.


Penasaran tentunya namun dalam beberapa kali kesempatan aku tidak bisa hadir karena beragam alasan, mulai dari sakit, hujan, takut kemaleman dan lain sebagainya.Akhirnya kemarin hari rabu aku memutuskan untuk datang ke kajian Pemuda Hijrah untuk membuktikan omongan orang-orang tentang kajian tersebut.

Sore itu hujan turun rintik-rintik, tidak begitu deras namun rintiknya cukup terasa. Kupacu motorku menuju Masjid Istiqomah di Jl. Citarum karena kajian Pemuda Hijrah kali ini bertempat di Masjid Istiqomah bukan di Al Lathif. Katanya sih memang sekarang suka pindah-pindah tempatnya. Ya mungkin untuk perluasan syiar ya, selain itu Masjid Istiqomah lebih luas dibandingkan Masjid Al Lathif sehingga bisa menampung lebih banyak orang.

Saat aku sampai di Masjid Istiqomah menjelang adzan magrib, parkiran utama masjid sudah penuh sehingga aku harus parkir di seberang masjid. Saat akan memasuki area utama masjid, ruang utama sholat sudah cukup penuh dengan jama'ah laki-laki. Ada yang sedang duduk-duduk sambil tilawah dan lain sebagainya. Sedangkan jama'ah perempuan ada di bagian belakangnya. Bagian jama'ah perempuan  juga sudah penuh dengan barisan akhwat. MasyaAlloh kekagumanku mulai merambat dengan komunitas ini. Karena aku baru kedatangan tamu bulanan aku memilih duduk di bagain belakang.

Adzan magrib berkumandang, tak lama setelah itu disusul iqamat kemudian shalat magrib berjama'ah. Selesai shalat ada sambutan dari pembina masjid Istiqomah baru kemudian diisi kajian oleh Ustad Hanan Attaki, Lc. Ini kali kedua aku mengikuti Kajian yang diisi oleh Ustadz Hanan. Kali pertama saat tanggal 13 Feb 2016 di masjid Da'arut Tauhid dalam acara Malam Muhasabah Muslimah.

MasyaAlloh memang Ustad Hanan ini bagus cara penyampaian materinya. Di awal semua jama'ah akan diajak tilawah. Bacaan tilawah disesuaikan dengan tema yang akan dibahas. Bacaan quran Ustadz Hanan juga bagus sehingga menjadi nilai tersendiri bagi saya pribadi dan mungkin jama'ah yang lainnya. Beliau juga menyampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mudah diterima anak muda.  Materi yang dibahaspun adalah materi yang memang dibutuhkan dan relevan dengan kondisi anak muda. Di akhir acara kita akan diajak berdoa dan muhasabah. Di sesi doa dan muhasabah ini banyak suara tangis yang terdengar.

Di satu sisi Bandung adalah kota metropolitan dengan pergaulan  anak mudanya yang kadang membuat was-was. Namun disudut lain ada kesejukan yang diciptakan oleh-anak-anak muda yang merindukan kehidupan yang hakiki. Kesejukan yang melahirkan optimisme dan gairah untuk terus memperbaiki diri, dan mendekatkan diri pada Ilahi. Semoga kebaikan-kebaikan yang diciptakan Pemuda Hijrah dapat menular ke pemuda-pemuda yang ada di Bandung dan sekitarnya. Semoga kecintaan terhadap masjid dan Tuhan senantiasa melekat di hati para pemudanya. Aamiin, aamiin ya Rabbal 'alamiin.

Twitter Pemuda Hijrah
Fanpage Pemuda Hijrah
Web Pemuda Hijrah

image source: here


life-long learner, suka jalan-jalan, blogging, dan phonetography| Bahagia itu sederhana| Hidup mulia dan husnul khotimah (aamiin).

Komentar

  1. Masukkan komentar Anda...Subhanallaah lanjut teruss.

    BalasHapus
  2. Subhanallah ukhti...mudah mudahan tetap istiqomah di jalanNya 😇

    BalasHapus
  3. subhanallah infonya mantap, makasih lho! jangan lupa jga yuk kunjungi balik website resmi saya http://bit.ly/2nPYhzK

    BalasHapus

Posting Komentar